Sabtu, 12 Oktober 2013

PENGANTAR BISNIS 2




ORGANISASI BISNIS


Pengertian bisnis
Bisnis Merupakan organisasi yang menjual barang atau jasa kepada konsumen atau bisnis lainnya, untuk mendapatkan laba sebesar-besarnya. Secara historis, bisnis berasal dari kata business yang berasal dari kata dasar busy yang berarti “sibuk”. Dalam artian, sibuk mengerjakan aktivitas dan pekerjaan yang mendatangkan keuntungan. Dalam ekonomi kapatalis, kebanyakan bisnis dimiliki oleh pihak swasta, bisnis dibentuk untuk mendapatkan profit dan meningkatkan kemakmuran para pemiliknya.
Secara Etimologi, bisnis adalah keadaan dimana seseorang atau sekelompok orang sibuk melakukan pekerjaan yang menghasilkan keuntungan. Secara luas, bisnis adalah suatu kegiatan yang dilakukan oleh individu atau sekelompok orang ( organisasi) yang menciptakan nilai melalui penciptaan barang dan jasa untuk memenuhi kebutuhan masyarakat dan keuntungan yang maksimum melalui transakasi. Ada beberapa definisi bisnis dari beberapa tokoh diantaranya :

Menurut Hughes dan Kapoor
bisnis adalah suatu kegiatan usaha individu yang terorganisasi untuk menghasilkan dan menjual barang dan jasa guna mendapatkan keuntungan dalam memenuhi kebutuhan masyarakat dan ada dalam industri.
Huat, T Chwee
Bisnis dalam arti luas adalah istilah umum yang menggambarkan semua aktifitas dan institusi yang memproduksi barang & jasa dalam kehidupan sehari-hari. Bisnis sebagai suatu sistem yang memproduksi barang dan jasa untuk memuaskan kebutuhan masyarakat (bussinessis then simply a system that produces goods and service to satisfy the needs of our society.
Glos, Steade dan Lowry

Bisnis merupakan sekumpulan aktifitas yang dilakukan untuk menciptakan dengan cara mengembangkan dan mentransformasikan berbagai sember daya menjadi barang atau jasa yang diinginkan konsumen.


Bentuk dasar kepemilikan bisnis
Meskipun bentuk kepemilikan bisnis berbeda-beda pada setiap negara, ada beberapa bentuk yang dianggap umum:
  • Perusahaan perseorangan: Perusahaan perseorangan adalah bisnis yang kepemilikannya dipegang oleh satu orang. Pemilik perusahaan perseorangan memiliki tanggung jawab tak terbatas atas harta perusahaan. Artinya, apabila bisnis mengalami kerugian, pemilik lah yang harus menanggung seluruh kerugian itu.
  • Persekutuan: Persekutuan adalah bentuk bisnis dimana dua orang atau lebih bekerja sama mengoperasikan perusahaan untuk mendapatkan profit. Sama seperti perusahaan perseorangan, setiap sekutu (anggota persekutuan) memiliki tanggung jawab tak terbatas atas harta perusahaan. Persekutuan dapat dikelompokkan menjadi persekutuan komanditer dan firma.
  • Perseroan: Perseroan adalah bisnis yang kepemilikannya dipegang oleh beberapa orang dan diawasi oleh dewan direktur. Setiap pemilik memiliki tanggung jawab yang terbatas atas harta perusahaan.
  • Koperasi: adalah bisnis yang beranggotakan orang-orang atau badan hukum koperasi dengan melandaskan kegiatannya berdasarkan prinsip koperasi sekaligus sebagai gerakan ekonomi rakyat yang berdasarkan asas kekeluargaan. Koperasi bertujuan untuk menyejahterakan anggotanya. Karateristik utama koperasi yang membedakan dengan badan usaha lain adalah anggota koperasi memiliki identitas ganda. Identitas ganda maksudnya anggota koperasi merupakan pemilik sekaligus pengguna jasa koperasi.
Klasifikasi organisasi binis
Bisnis terdiri dari berbagai macam tipe, dan, sebagai akibatnya, bisnis dapat dikelompokkan dengan cara yang berbeda-beda. Satu dari banyak cara yang dapat digunakan adalah dengan mengelompokkan bisnis berdasarkan aktivitas yang dilakukannya dalam menghasilkan keuntungan.
  • Manufaktur adalah bisnis yang memproduksi produk yang berasal dari barang mentah atau komponen-komponen, kemudian dijual untuk mendapatkan keuntungan. Contoh manufaktur adalah perusahaan yang memproduksi barang fisik seperti mobil atau pipa.
  • Bisnis jasa adalah bisnis yang menghasilkan barang intangible, dan mendapatkan keuntungan dengan cara meminta bayaran atas jasa yang mereka berikan. Contoh bisnis jasa adalah konsultan dan psikolog.
  • Pengecer dan distributor adalah pihak yang berperan sebagai perantara barang antara produsen dengan konsumen. Kebanyakan toko dan perusahaan yang berorientasi-konsumen adalah distributor atau pengecer. lihat pula: Waralaba
  • Bisnis pertanian dan pertambangan adalah bisnis yang memproduksi barang-barang mentah, seperti tanaman atau mineral tambang.
  • Bisnis finansial adalah bisnis yang mendapatkan keuntungan dari investasi dan pengelolaan modal.
  • Bisnis informasi adalah bisnis menghasilkan keuntungan terutama dari pejualan-kembali properti intelektual (intelellectual property).
  • Utilitas adalah bisnis yang mengoperasikan jasa untuk publik, seperti listrik dan air, dan biasanya didanai oleh pemerintah.
  • Bisnis real estate adalah bisnis yang menghasilkan keuntungan dengan cara menjual, menyewakan, dan mengembangkan properti, rumah, dan bangunan.
  • Bisnis transportasi adalah bisnis yang mendapatkan keuntungan dengan cara mengantarkan barang atau individu dari sebuah lokasi ke lokasi yang lain.

  Masalah Bisnis

Dalam berbisnis kita tidak lepas dari masalah ataupun kendala. Namun di dalam masalah itu sering kali terdapatpeluang yang besar untuk menumbuhkan suatu bisnis. Begitulah kira-kira salah satu nasehat bijak dalam menghadapi masalah bisnis.
Disadari ataupun tidak. Suatu bisnis selalu mempunyai masalah yang mengganjal perjalanan bisnis tersebut.Begitu juga dengan bisnis keluarga saya.( Konter handphone)

Setelah menelaah dan meriset permasalahan bisnis yang sering saya hadapi.maka akhirnya saya bisa menjabarkannya dibawah ini:


1. Stok barang yang tidak terupdate.
Sebagai pedagang eceran sekaligus juga grosir yang terletak jauh di pelosok daerah. Yang melakukan pembelian ke suplayer dengan sistem datang ke agen.Sering Membuat stok barang usaha saya tidak lengkap.
Ditambah lagi lambatnya perputaran uang masuk akibat keberadaan usaha di tengah-tengah perusahaan. Yang pelanggan rata-rata meningkat tajam hanya di saat-saat pekerja perusahaan menerima gaji.


2. Masih mengunakan sistem menejemen keuangan tradisional khas kaki lima.
Usaha saya masih mencampur sistem keuangan konter dan keluarga. Menjadikan semua uang dalam satu kas.sehingga sulit memonitor biaya hidup yang cenderung mengikuti gaya hidup kosumtif.


3.Terlalu banyak dan cepat melakukan investasi di bidang yang tidak berhubungan dengan usaha secara langsung.Membangun ruko yang jauh dari tempat usaha dan juga membeli lahan di tempatlain. Sementara modal utamanya adalah dari hasil usaha konter. Membuat konter saya beberapa bulan terakhir ini kelimpungan dalam arus kas. Sehingga kelihatan stagnan dalam arus permodalan. Akibat uang kas yang banyak lari keluar.





Apa Itu Peluang Bisnis ?
Peluang bisnis merupakan kemampuan seseorang atau pebisnis untuk melihat adanya kesempatan berbisnis dari lingkungan sekitarnya . Peluang bisnis biasanya muncul ketika seseorang mempunyai niat untuk memulai suatu usaha walaupun dengan modal seadanya.
Peluang usaha adalah sebuah kesempatan yang datang dari keadan yang terdesak ataupun ide kreatifitas sendiri misalnya, seorang ibu rumah tangga yang memiliki kegemaran memasak membuka restoran sederhana ,seorang anak muda yang gemar bermusik memebuka studio musik ,seorang bapak-bapak tua yang bekerja keras mencari nafkah walaupun hanya mengumpulkan barang-barang bekas namun ia jadikan peluang untuk bank sampah barangbarang bekas yang bisa di daur ulang bahkan menjadi peluang usahanya sekarang.


Manfaat berbisnis
Berbisnis sendiri adalah salah satu dari sekian banyak cara untuk membangun karir. Bahkan, membangun bisnis sendiri kini menjadi impian banyak orang. Ada banyak orang yang memiliki berbagai ide untuk membangun sebuah usaha. Dan ketika memulai usahanya, setidaknya entrepreneur telah menguraikan tujuan dan sasaran usahanya dalam jangka pendek maupun jangka panjang.
Ada beberapa manfaat berbisnis, antara lain :

1. Kebebasan menentukan masa depan sendiri
Dalam berbisnis belum tentu kita akan berhasil, apalagi menjadi kaya. Tenang saja...jangan sampai pernyataan ini membuat semangat kita kendor dalam berbisnis. Ini hanya persentase yang kecil dibandingkan dengan yang berhasil dan meraih kekayaan dengan berbisnis.
2. Membuka lapangan kerja
Dengan berbisnis, kita juga membuka lapangan pekerjaan bagi orang lain, walaupun pada awalnya hanya mempekerjakan dua sampai tiga orang, lumayan lah membantu program pemerintah mengurangi angka pengangguran. Bagaimana kalau seribu pebisnis muncul dan masing-masing merekrut 2 sampai 3 orang karyawan, maka 2000 sampai 3000 orang pengangguran terserap. Membuka lapagan pekerjaan adalah perbuatan mulia karena mengurangi pengangguran dan memberikan penghidupan yang lebih layak bagi orang lain.

3. Meningkatkan status ekonomi dan sosial
Dengan berbisnis dapat meningkatkan status ekonomi dan status sosial, dari yang sebelumnya seorang pengangguran tanpa adanya penghasilan untuk memenuhi kebutuhan hidup, otak yang tidak terasah, dan harga diri yang rendah, sekarang dapat bekerja dan merasa berharga di mata keluarga dan masyarakat.


BELAJAR Berorganisasi Bisnis
     Seringkali kita membicarakan tentang organisasi dalam kehidupan sehari-hari, baik organisasi formal maupun non formal. Ada tiga alasan yang mendasari kita mempelajari organisasi, antara lain:
  • Hidup di masa kini. Organisasi memberikan kontribusi pada standar kehidupan manusia. Dalam usaha kita sehari-hari seperti bekerja, berkomunikasi, hiburan atau pengobatan pasti membutuhkan bantuan organisasi.
  • Membangun masa depan. Organisasi membangun masa depan yang lebih baik dan membantu individu melakukan hal yang sama. Organisasi juga mempunyai dampak positif dan negatif terhadap masa depan lingkungan alam.
  • Mengingat masa lalu. Organisasi dapat membantu menghubungkan manusia dengan masa lalunya. Maksudnya bahwa seringkali kita mengidentifikasikan diri kita dengan organisasi dimana kita menjadi anggotanya, seperti kelompok politik atau bisnis.










Contoh Organisasi Bisnis yang Ada Di Lingkungan Saya yang Didirikan Dari Segi Peluang Bisnisnya

 KFC (Kentucky Fried Chicken), organisasi bisnis yang bergerak dibidang kuliner ini berdiri di tempat yang strategis sering dilaluin oleh pengendara motor dan mobil untuk makan  dan melepas lelah saat pulang kerja,lokasi nya yaitu di samping spbu tambun yang mana tempat ini memiliki peluang bisnis yang besar. Jalur ini sering dilewati oleh kendaraan bermotor, hari kerja maupun weekend pertigaan ini tidak pernah sepi. KFC ini dilengkapi dengan fasilitas seperti drive thru yang memudahkan pengguna kendaraan bermotor untuk memesan makanan/minuman tanpa turun dari kendaraan. Dan fasilitas bermain anak untuk pengunjung, yang mana ini akan menarik perhatian anak-anak dan membujuk orang tuanya untuk makan di restoran tersebut.


ALASAN SAYA MEMILIH ORGANISAI BISNIS INI
Lokasinya yang startegis,dan cabang ada di mana-mana
Sering dikunjunggi oleh banyak orang


Kesimpulan
Dari arti pengertian organisasi dan metode diatas, maka dapat disimpulkan bahwa organisasi merupakan suatu alat atau wadah untuk mencapai sebuah tujuan dan untuk mencapai tujuan dari suatu organisasi maka dibutuhkan suatu metode. organisasi bisnis yang baik dibutuhkan pengetahuan dan pengalaman bisnis yang memadai. Serta kita harus memerhatikan besar kecilnya peluang bisnis yang ada pada setiap lingkungan


DAFTAR PUSTAKA
http://www.mysusis.com/2013/06/makalah-pengantar-bisnis.html
http://id.wikipedia.org/wiki/Bisnis
http://ekonomi.kompasiana.com/wirausaha/2013/03/04/masalah-bisnis

Tidak ada komentar:

Posting Komentar