JENIS-JENIS SISTEM PEREKONOMIAN YANG ADA DI DUNIA
Sistem
perekonomian adalah cara suatu bangsa atau Negara untuk mengatur kehidupan
ekonominya agar tercapai kemakmuran dan kesejahteraan bagi rakyatnya.
Sistem perekonomian dapat pula merupakan cara mengatur dan mengorganisir segala kegiatan ekonomi dalam suatu Negara berdasarkan prinsip tertentu untuk mencapai suatu tujuan
Jenis jenis Sistem Ekonomi
1. Sistem perekonomian tradisional Sistem perekonomian dapat pula merupakan cara mengatur dan mengorganisir segala kegiatan ekonomi dalam suatu Negara berdasarkan prinsip tertentu untuk mencapai suatu tujuan
Jenis jenis Sistem Ekonomi
Sitem ekonomi yang masih sangat terikat dengan adat istiadat, kebiasaan , dan
nilai budaya setempat.
Jadi dalam perekonomian tradisional masih menggunakan system turun temurun yang berlaku dalam suatu masyarakat dan telah menjadi nilai budaya setempat
Ciri-ciri sistem perekonomian tradisional
1. Alat alat yang digunakan dalam proses produksi masih sangat sederhana
2. Kegiatan produksinya umumnya mengolah tanah dan mengumpulkan barang yang disediakan alam
3. Masih menggunakan system barter,karena belum mengenal tukar menukar dengan uang
4. Modal masih terbatas ,maka produktivitas juga rendah
5. Masyarakatnya sulit menerima perubahan,karena terikat dengan tradisi
Jadi dalam perekonomian tradisional masih menggunakan system turun temurun yang berlaku dalam suatu masyarakat dan telah menjadi nilai budaya setempat
Ciri-ciri sistem perekonomian tradisional
1. Alat alat yang digunakan dalam proses produksi masih sangat sederhana
2. Kegiatan produksinya umumnya mengolah tanah dan mengumpulkan barang yang disediakan alam
3. Masih menggunakan system barter,karena belum mengenal tukar menukar dengan uang
4. Modal masih terbatas ,maka produktivitas juga rendah
5. Masyarakatnya sulit menerima perubahan,karena terikat dengan tradisi
2. Sistem perekonomian liberal
(kapitalis)
Suatu sistem ekonomi yang memberikan kebebasan kepada masyarakat untuk memilih dan melakukan usaha sesuai keinginan dan keahliannya
Sistem ekonomi liberal diperkenalkan oleh ekonomi Adam Smith (1723-1790)berkebangsaan inggris
Sistem ini tidak menghendaki adanya campur tangan pemerintah dalam perekonomian,sehingga masyarakat sebagai pelaku ekonomi bebas berusaha dan saling berkompetisi meningkatkan kesejahteraan dan kemakmuran bagi dirinya
Ciri- ciri sistem ekonomi liberal
1. Hak milik perorangan diakui seperti pemilikan barang barang,modal,dan alat industri
2. Individu bebas melakukan kegiatan ekonomi sesuai dengan kemampuannya
3. Jenis,jumlah,dan harga ditentukan oleh permintaan dan penawaran
4. Perekonomian ditandai dengan persaingan bebas
5. Kegiatan ekonomi yang meliputi kegiatan produksi,distribusi dan konsumsi dalam pengaturannya diserahkan kepada setiap individu
Contoh Negara yang menganut sistem perekonomian liberal(kapitalis):amerika serikat dan Negara Negara eropa barat
Sistem perekonomian liberal(kapitalis) memiliki kebaikan dan keburukkanya
Suatu sistem ekonomi yang memberikan kebebasan kepada masyarakat untuk memilih dan melakukan usaha sesuai keinginan dan keahliannya
Sistem ekonomi liberal diperkenalkan oleh ekonomi Adam Smith (1723-1790)berkebangsaan inggris
Sistem ini tidak menghendaki adanya campur tangan pemerintah dalam perekonomian,sehingga masyarakat sebagai pelaku ekonomi bebas berusaha dan saling berkompetisi meningkatkan kesejahteraan dan kemakmuran bagi dirinya
Ciri- ciri sistem ekonomi liberal
1. Hak milik perorangan diakui seperti pemilikan barang barang,modal,dan alat industri
2. Individu bebas melakukan kegiatan ekonomi sesuai dengan kemampuannya
3. Jenis,jumlah,dan harga ditentukan oleh permintaan dan penawaran
4. Perekonomian ditandai dengan persaingan bebas
5. Kegiatan ekonomi yang meliputi kegiatan produksi,distribusi dan konsumsi dalam pengaturannya diserahkan kepada setiap individu
Contoh Negara yang menganut sistem perekonomian liberal(kapitalis):amerika serikat dan Negara Negara eropa barat
Sistem perekonomian liberal(kapitalis) memiliki kebaikan dan keburukkanya
*KEBAIKANNYA
1. Adanya persaingan yang mendorong produksi barang dan jasa meningkat lebih cepat
2. Terdapat kebebasan yang sangat luas bagi pelaku pelaku ekonomi untuk melakukan berbagai kegiatan ekonomi
3. Kreaktivitas lebih berkembang
4. Hak milik individu perorangan diakui,sehinggan mendorong semangat mengejar kualitas
1. Adanya persaingan yang mendorong produksi barang dan jasa meningkat lebih cepat
2. Terdapat kebebasan yang sangat luas bagi pelaku pelaku ekonomi untuk melakukan berbagai kegiatan ekonomi
3. Kreaktivitas lebih berkembang
4. Hak milik individu perorangan diakui,sehinggan mendorong semangat mengejar kualitas
*KEBURUKANNYA
1. Terjadi persaingan secara tidak sehat
2. Terjadinya monopoli yang merugikan masyarakat
3. Lebih mengutamakan kepentingan pribadi dari pada kepentingan masyarakat
4. Adanya kesenjangan social antara kaya dan miskin
5. Pengusaha yang bermodal kecil akan tersisih
3.Sistem perekonomian sosialis(etatisme)
Sistem ekonomi yang seluruh kegiatan ekonominya direncanakan ,dilaksanakan,dan diawasi pemerintah secara terpusat atau sistem perekonomian dengan cara mengambil dan memadukan ciri – ciri,baik dari sistem liberal maupun sistem sosial yang sesuai bagi Negara penganutnya
Sistem ekonomi sosialis ini dianut oleh Negara Kuba ,Korea Utara,dan Negara Negara Eropa timur,dan RRC
Ciri- ciri perekonomian sosial
1. Faktor- faktor produksi dikuasai Negara secara terpusat
2. Kegiatan perekonomianyaa sepenuhnya diatur oleh Negara
3. Harga barang dan jasa ditetapkan oleh pemerintah
4. Hak milik individu tidak diakui
Kebaikan dan keburukanya sistem ekonomi sosial
*KEBAIKANNYA
• Pertumbuhan dan perkembangan perekonomian ditentukan oleh pemerintah
• Tercapai pemerataan penduduk
• Pemerintah bertanggung jawab secara penuh terhadap kondisi perekonomian Negara
• Negara mudah melaksanakan pengawasan dan pengendalikan perekonomian
Sistem ekonomi yang seluruh kegiatan ekonominya direncanakan ,dilaksanakan,dan diawasi pemerintah secara terpusat atau sistem perekonomian dengan cara mengambil dan memadukan ciri – ciri,baik dari sistem liberal maupun sistem sosial yang sesuai bagi Negara penganutnya
Sistem ekonomi sosialis ini dianut oleh Negara Kuba ,Korea Utara,dan Negara Negara Eropa timur,dan RRC
Ciri- ciri perekonomian sosial
1. Faktor- faktor produksi dikuasai Negara secara terpusat
2. Kegiatan perekonomianyaa sepenuhnya diatur oleh Negara
3. Harga barang dan jasa ditetapkan oleh pemerintah
4. Hak milik individu tidak diakui
Kebaikan dan keburukanya sistem ekonomi sosial
*KEBAIKANNYA
• Pertumbuhan dan perkembangan perekonomian ditentukan oleh pemerintah
• Tercapai pemerataan penduduk
• Pemerintah bertanggung jawab secara penuh terhadap kondisi perekonomian Negara
• Negara mudah melaksanakan pengawasan dan pengendalikan perekonomian
*KEBURUKANNYA
• Aparat Negara bersifat dominan dalam mengatur perekonomian sehingga menghambat potensi ,kreaktivitas masyarakat
• Tidak terdapat kebebasan bagi pelaku pelaku untuk melakukan berbagai kegiatan ekonomi
• Hak milik individu tidak diakui sehingga masyarakat kurang peduli dalam memelihara sumber sumber ekonomi
• Aparat Negara bersifat dominan dalam mengatur perekonomian sehingga menghambat potensi ,kreaktivitas masyarakat
• Tidak terdapat kebebasan bagi pelaku pelaku untuk melakukan berbagai kegiatan ekonomi
• Hak milik individu tidak diakui sehingga masyarakat kurang peduli dalam memelihara sumber sumber ekonomi
4.Sistem Perekonomian / Tata Ekonomi Komunisme
Komunisme adalah suatu sistem perekonomian di mana peran pemerintah sebagai pengatur seluruh sumber-sumber kegiatan perekonomian. Setiap orang tidak diperbolehkan memiliki kekayaan pribadi, sehingga nasib seseorang bisa ditentukan oleh pemerintah. Semua unit bisnis mulai dari yang kecil hingga yang besar dimiliki oleh pemerintah dengan tujuan pemerataan ekonomi dan kebersamaan. Namun tujuan sistem komunis tersebut belum pernah sampai ke tahap yang maju, sehingga banyak negara yang meninggalkan sistem komunisme tersebut.
Komunisme adalah suatu sistem perekonomian di mana peran pemerintah sebagai pengatur seluruh sumber-sumber kegiatan perekonomian. Setiap orang tidak diperbolehkan memiliki kekayaan pribadi, sehingga nasib seseorang bisa ditentukan oleh pemerintah. Semua unit bisnis mulai dari yang kecil hingga yang besar dimiliki oleh pemerintah dengan tujuan pemerataan ekonomi dan kebersamaan. Namun tujuan sistem komunis tersebut belum pernah sampai ke tahap yang maju, sehingga banyak negara yang meninggalkan sistem komunisme tersebut.
5.Sistem Ekonomi Merkantilisme, yaitu
suatu sistem politik ekonomi yang sangat mementingkan perdagangan internasional
dengan tujuan memperbanyak aset& modal yang dimiliki negara.
6.Sistem Perekonomian Fasisme, yaitu
paham yang mengedepankan bangsa sendiri dan memandang rendah bangsa lain,
dengan kata lain, fasisme merupakan sikap rasionalism yang berlebihan.
Negara –
Negara EROPA :
BELANDA
Kebijakan
ekonomi Belanda diarahkan terutama ke arah pertumbuhan ekonomi yang
berkelanjutan dan ramah lingkungan dan pengembangan dengan cara konsolidasi
fiskal, tenaga kerja dan reformasi pasar produk, restrukturisasi ekonomi,
konservasi energi, perlindungan lingkungan, pembangunan daerah, dan tujuan
nasional lainnya. Pemerintah yang telah menggabungkan kebijakan makroekonomi
yang ketat dan stabil, dengan luas reformasi struktural dan peraturan.
Pemotongan tajam dalam subsidi pengeluaran keamanan dan sosial dikombinasikan
dengan moderasi upah deregulasi yang konsisten, dan privatisasi bekas
perusahaan milik negara, dan persaingan yang meningkat telah membantu
perekonomian Belanda untuk mencapai pertumbuhan ekonomi dan lapangan kerja
berkelanjutan.
Setelah kabinet kanan-tengah sebelumnya jatuh pada bulan Oktober 2002 dan pada pemilihan umum Mei 2003 menghasilkan pemerintahan koalisi baru yang terdiri dari CDA, VVD, dan D66. Program pemerintah untuk empat tahun masa tugas menekankan perlunya reformasi dan pengeluaran lebih pada keamanan, kesehatan, pendidikan, dan infrastruktur transportasi, dengan tetap menjaga disiplin anggaran dan memperluas pasar tenaga kerja. Dua tantangan utama yang dihadapi pemerintah Belanda selama empat tahun adalah untuk meningkatkan potensi pertumbuhan ekonomi dengan meningkatkan lapangan kerja dan pertumbuhan produktivitas dan dengan menjaga keuangan publik ke arah yang berkelanjutan. Pemerintah mengakui perlunya reformasi struktural lebih menekankan produk fleksibilitas pasar dan penciptaan modal lebih dinamis dan deregulasi pasar dan jasa keuangan, yang akan membantu meningkatkan posisi kompetitif serius terkikis Belanda di Uni Eropa (UE) dan pasar dunia.
Setelah beberapa tahun berkelanjutan pertumbuhan non-inflasi dan pengangguran yang rendah, kinerja ekonomi makro ekonomi Belanda telah mengalami penurunan kualitas. Pada tahun 2003, perlambatan ekonomi global dan erosi posisi kompetitif Belanda dibasahi permintaan luar negeri dan investasi, sementara pasar saham bearish dan PHK diumumkan oleh banyak perusahaan multinasional mengakibatkan penurunan tajam dalam rumah tangga dan kepercayaan bisnis. Perlambatan pertumbuhan global mempengaruhi semua komponen permintaan efektif, dan menyebabkan pertumbuhan PDB pada tahun 2003 turun sebesar 0,8 persen setelah merosot menjadi hanya 0,2 persen pada tahun 2002. Meskipun pemulihan diharapkan dari pertumbuhan perdagangan dunia pada akhir tahun 2004, prospek ekonomi Belanda tetap hangat. Kerugian lebih lanjut dari posisi kompetitif Belanda akibat apresiasi euro vis – vis dolar diperkirakan akan mengurangi ekspor dan mengurangi output. Organisasi Kerjasama Ekonomi dan Pembangunan Eropa (OECD) memprediksi pertumbuhan PDB Belanda untuk memulihkan satu persen pada 2004 dan meningkat menjadi 2,0 persen pada tahun 2005. Pejabat itu (Biro Analisis Kebijakan Ekonomi CPB) perkiraan mengharapkan pertumbuhan ekonomi di tahun 2004 menjadi sembuh dengan 1,25%, diikuti oleh ekspansi 1,5% pada 2005. CPB mengharapkan penurunan tajam kepercayaan konsumen (ke level terendah sejak 1980-an), dan erosi pendapatan sekali pakai nyata untuk tersedak belanja konsumen sebagai mesin pertumbuhan utama.
Setelah kabinet kanan-tengah sebelumnya jatuh pada bulan Oktober 2002 dan pada pemilihan umum Mei 2003 menghasilkan pemerintahan koalisi baru yang terdiri dari CDA, VVD, dan D66. Program pemerintah untuk empat tahun masa tugas menekankan perlunya reformasi dan pengeluaran lebih pada keamanan, kesehatan, pendidikan, dan infrastruktur transportasi, dengan tetap menjaga disiplin anggaran dan memperluas pasar tenaga kerja. Dua tantangan utama yang dihadapi pemerintah Belanda selama empat tahun adalah untuk meningkatkan potensi pertumbuhan ekonomi dengan meningkatkan lapangan kerja dan pertumbuhan produktivitas dan dengan menjaga keuangan publik ke arah yang berkelanjutan. Pemerintah mengakui perlunya reformasi struktural lebih menekankan produk fleksibilitas pasar dan penciptaan modal lebih dinamis dan deregulasi pasar dan jasa keuangan, yang akan membantu meningkatkan posisi kompetitif serius terkikis Belanda di Uni Eropa (UE) dan pasar dunia.
Setelah beberapa tahun berkelanjutan pertumbuhan non-inflasi dan pengangguran yang rendah, kinerja ekonomi makro ekonomi Belanda telah mengalami penurunan kualitas. Pada tahun 2003, perlambatan ekonomi global dan erosi posisi kompetitif Belanda dibasahi permintaan luar negeri dan investasi, sementara pasar saham bearish dan PHK diumumkan oleh banyak perusahaan multinasional mengakibatkan penurunan tajam dalam rumah tangga dan kepercayaan bisnis. Perlambatan pertumbuhan global mempengaruhi semua komponen permintaan efektif, dan menyebabkan pertumbuhan PDB pada tahun 2003 turun sebesar 0,8 persen setelah merosot menjadi hanya 0,2 persen pada tahun 2002. Meskipun pemulihan diharapkan dari pertumbuhan perdagangan dunia pada akhir tahun 2004, prospek ekonomi Belanda tetap hangat. Kerugian lebih lanjut dari posisi kompetitif Belanda akibat apresiasi euro vis – vis dolar diperkirakan akan mengurangi ekspor dan mengurangi output. Organisasi Kerjasama Ekonomi dan Pembangunan Eropa (OECD) memprediksi pertumbuhan PDB Belanda untuk memulihkan satu persen pada 2004 dan meningkat menjadi 2,0 persen pada tahun 2005. Pejabat itu (Biro Analisis Kebijakan Ekonomi CPB) perkiraan mengharapkan pertumbuhan ekonomi di tahun 2004 menjadi sembuh dengan 1,25%, diikuti oleh ekspansi 1,5% pada 2005. CPB mengharapkan penurunan tajam kepercayaan konsumen (ke level terendah sejak 1980-an), dan erosi pendapatan sekali pakai nyata untuk tersedak belanja konsumen sebagai mesin pertumbuhan utama.
PDB :
588.414 miliar – Jutaan Euro (2010)
PDB per kapita : Paritas daya beli: 42.475 Dollar AS (2010)
pertumbuhan Ekonomi : 1,5% (2006-2010)
populasi pekerja : 7,8 juta (2010)
penganggur : 419.000 (5,4%) (2011)
tingkat inflasi : 1.5 (2006-2010)
perdagangan internasional : Ekspor: 574.307 juta dolar AS (2010, barang)
Impor: 517.781 juta dolar AS (2010, barang)
ekspor komoditas : Mesin dan peralatan transportasi, bahan kimia, bahan bakar, produk pertanian, bahan makanan
impor komoditas : Mesin dan peralatan transportasi, bahan kimia, bahan bakar, bahan makanan, pakaian
ekspor mitra : Jerman 24,3%, Belgia 11%, Perancis 8,6%; Inggris 8%; Italia 5%, AS 4,5% (2010)
impor mitra : Jerman: 17,8%; Belgia: 9,6%; Cina: 9,3%; AS: 7,5%; Inggris: 6,7%; Prancis: 4,3% (2009)
PDB per kapita : Paritas daya beli: 42.475 Dollar AS (2010)
pertumbuhan Ekonomi : 1,5% (2006-2010)
populasi pekerja : 7,8 juta (2010)
penganggur : 419.000 (5,4%) (2011)
tingkat inflasi : 1.5 (2006-2010)
perdagangan internasional : Ekspor: 574.307 juta dolar AS (2010, barang)
Impor: 517.781 juta dolar AS (2010, barang)
ekspor komoditas : Mesin dan peralatan transportasi, bahan kimia, bahan bakar, produk pertanian, bahan makanan
impor komoditas : Mesin dan peralatan transportasi, bahan kimia, bahan bakar, bahan makanan, pakaian
ekspor mitra : Jerman 24,3%, Belgia 11%, Perancis 8,6%; Inggris 8%; Italia 5%, AS 4,5% (2010)
impor mitra : Jerman: 17,8%; Belgia: 9,6%; Cina: 9,3%; AS: 7,5%; Inggris: 6,7%; Prancis: 4,3% (2009)
Sebuah
pemulihan yang kuat dari permintaan luar negeri (sampai dekat dengan tujuh
persen pada tahun 2004 dan 2005) akan harus mengimbangi permintaan lesu domestik
(dan belanja publik melemah tajam) dan menarik keluar ekonomi dari resesi saat
ini di bagian akhir tahun 2004 Mencerminkan penurunan ekonomi, pertumbuhan
lapangan kerja yang menurun, sementara jumlah redudansi berkembang.
Perkembangan tenaga kerja yang tidak menguntungkan pasar diperkirakan akan
meningkatkan tingkat pengangguran menjadi lebih dari 6% dari angkatan kerja
pada tahun 2004. Setelah memuncak pada hampir 5% pada tahun 2001, inflasi turun
menjadi 2,1% pada tahun 2003, dan diharapkan untuk melunakkan menjadi 1,25%
pada tahun 2004 dan 0,75% pada tahun 2005. Saat ini perkembangan harga dan upah
tidak menunjukkan indikasi risiko deflasi dekat.
Belanda adalah salah satu negara anggota Uni Eropa pertama yang lolos ke Uni Ekonomi dan Moneter (EMU). Kebijakan fiskal bertujuan untuk mencapai keseimbangan antara mengurangi belanja publik dan menurunkan pajak dan iuran jaminan sosial. Penurunan ekonomi yang tak terduga telah menjadikan keseimbangan fiskal dan melambungkan defisit nominal dari 1,6% dari PDB pada tahun 2002 menjadi 3,3% pada tahun 2003. Karena tingkat hutang publik telah melampaui kriteria utang, pemerintah koalisi kanan-tengah telah berkomitmen untuk tindakan anggaran yang akan harus memindahkan defisit fiskal kembali ke defisit yang diamanatkan oleh Pertumbuhan EMUÕs dan Pakta Stabilitas pada tahun 2005. Stok utang publik diperkirakan akan jatuh dari tinggi 63,1 persen dari PDB pada 1999, untuk 58,1 persen pada tahun 2004. Belanda adalah penyumbang bersih terbesar ke Uni Eropa dengan total kontribusi ke Uni Eropa tumbuh dengan baik lebih dari 3 miliar euro (0,57 persen dari PDB) pada tahun 2003. Kontribusi per kapita untuk Uni Eropa tahun 2003 tumbuh untuk menutup sampai 200 euro.
Belanda adalah salah satu negara anggota Uni Eropa pertama yang lolos ke Uni Ekonomi dan Moneter (EMU). Kebijakan fiskal bertujuan untuk mencapai keseimbangan antara mengurangi belanja publik dan menurunkan pajak dan iuran jaminan sosial. Penurunan ekonomi yang tak terduga telah menjadikan keseimbangan fiskal dan melambungkan defisit nominal dari 1,6% dari PDB pada tahun 2002 menjadi 3,3% pada tahun 2003. Karena tingkat hutang publik telah melampaui kriteria utang, pemerintah koalisi kanan-tengah telah berkomitmen untuk tindakan anggaran yang akan harus memindahkan defisit fiskal kembali ke defisit yang diamanatkan oleh Pertumbuhan EMUÕs dan Pakta Stabilitas pada tahun 2005. Stok utang publik diperkirakan akan jatuh dari tinggi 63,1 persen dari PDB pada 1999, untuk 58,1 persen pada tahun 2004. Belanda adalah penyumbang bersih terbesar ke Uni Eropa dengan total kontribusi ke Uni Eropa tumbuh dengan baik lebih dari 3 miliar euro (0,57 persen dari PDB) pada tahun 2003. Kontribusi per kapita untuk Uni Eropa tahun 2003 tumbuh untuk menutup sampai 200 euro.
JERMAN
Perekonomian
nasional Jerman terpusatkan pada barang dan jasa yang diproduksi oleh industri.
Terutama hasil produksi industri konstruksi mesin dan industri otomotif serta
produk-produk kimia dari Jerman dihargai baik di dunia internasional. Kurang
lebih setiap Ero keempat diperoleh dalam sektor ekspor – dan lebih dari setiap
tempat kerja kelima tergantung secara langsung atau tidak langsung dari
perdagangan luar negeri. Dengan volume ekspor sebesar 1.121 miliar dolar AS
pada tahun 2009, sebanding dengan sepertiga dari penghasilan nasional bruto,
Jerman adalah negara pengekspor barang terbesar kedua di dunia sesudah Cina
(1.202 miliar dolar AS), setelah dari tahun 2003 hingga 2008 enam kali
berturut-turut Jerman mendapat sebutan “juara dunia ekspor”. Andil Jerman dalam
seluruh perdagangan global mencapai sekitar sembilan persen.
Karena
orientasi Jerman yang tinggi kepada ekspor, keterpautannya dengan perekonomian
dunia sangat erat, – hal yang membedakannya dengan kebanyakan negara lain – dan
Jerman pun berkepentingan akan pasaran terbuka. Mitra-mitra perdagangan
terpenting ialah Perancis, Belanda, Amerika Serikat dan Inggris. Pada tahun
2009 diekspor barang senilai 82 miliar Ero ke Perancis, senilai 54 miliar Ero
ke AS dan ke Belanda, dan senilai 53 miliar Ero ke Inggris. Setelah Uni Eropa
diperluas ke arah timur (2004 dan 2007), di samping perdagangan dengan negara
anggota UE “lama”, dapat dicatat peningkatan dalam volume perdagangan dengan
negara-negara anggota UE di Eropa Timur. Sepuluh persen lebih dari ekspor total
dilakukan ke negara-negara tersebut. Ekspor Jerman ke negara Uni Eropa
mencapai 63 persen dari volume ekspor seluruhnya
Surplus
perdagangan Jerman
pada 2013
menduduki peringkat pertama di dunia, mencapai $AS 260 miliar (sekitar 3.176
triliun rupiah). Tempat kedua adalah China dengan nilai lebih dari $AS 65
miliar (Rp 794 triliun). Hal ini terjadi sejak reunifikasi Jerman, surplus
perdagangan Jerman untuk kali pertama melebihi China.
Di satu sisi
orang Jerman bersukacita, di sisi lain, hasil ini telah dikritik oleh sejumlah
organisasi internasional. Tapi situasinya mungkin masih ada variable, situasi
surplus perdagangan tinggi seperti ini mungkin tidak berlangsung lama. Salah
satu faktor adalah transformasi model pertumbuhan ekonomi China.
Perusahaan
Jerman: ekspor kuat menguntungkan Uni Eropa
Komunitas
bisnis Jerman selalu tidak peduli terhadap kritikan dari luar, Kamar Dagang
Jerman (KDJ) berpendapat, ekspor Jerman yang kuat juga telah mengatrol ekspor
negara-negara lain, karena 40% bahan baku ekspornya adalah berasal dari luar
negeri.
KDJ tidak
berpikir Jerman telah mencederai stabilitas ekonomi dalam Uni Eropa. Di semua
negara dunia, negara-negara surplus dan defisit dalam hubungan perdagangannya
dengan Jerman yang terbesar adalah di Uni Eropa. Surplus perdagangan Jerman
tahun lalu terhadap Prancis adalah € 39,7 juta, defisit terhadap Norwegia €
17,7 juta. Selain itu, surplus perdagangan Jerman terhadap negara-negara Uni
Eropa lainnya pada tahun lalu tidak bertambah, tetapi malah menurun.
Negara –
Negara Benua Amerika:
BRAZIL
Ekonomi
negara Amerika Latin tersebut tumbuh 2,7% tahun lalu, lebih besar ketimbang
Inggris yang hanya mencapai pertumbuhan 0,8%.Institut riset sosial dan ekonomi,
NIESR beserta lembaga ekonomi lainnya juga mengatakan bahwa Brasil menggeser
posisi Inggris.Ekonomi Brasil sekarang bernilai US$2,5 triliun seperti yang
disampaikan Menteri Keuangan Brasil Guido Mantega.Tetapi Mantega sepertinya
ingin terlihat bersahaja atas transisi simbolis tersebut – yang datang setelah
Cina mengambil alih posisi kedua negara ekonomi terbesar dunia dari Jepang
tahun lalu.”Tidak penting menjadi negara ekonomi terbesar ke enam, tetapi
menjadi diantara yang ekonominya paling dinamis dan pertumbuhan yang
bekelanjutan,” katanya.
Brasil
mengalami pertumbuhan ekonomi didorong oleh harga minyak dan makanan.Di tahun
2010, ekonomi Brasil senilai US$2,09 triliun, dibandingkan dengan Inggris
dengan pengeluaran total US$2,25, berdasarkan data lembaga keuangan
internasional, IMF.Bagaimanapun, menurut NIESR, jika menggunakan angka IMF
dengan kurs sekarang, ekonomi Brasil saat ini mencapai US$2,52 triliun dan
Inggris US$2,48 triliun.
Peningkatan
terbesar dalam ukuran nominal di kedua negara terlihat dalam inflasi
domestik.Seorang juru bicara kementerian keuangan Inggris mengatakan:
”Pertumbuhan ekonomi yang kuat dan populasi yang besar di negara ekonomi
berkembang yang besar akan mengejar perekonomian yang mapan seperti Inggris.
Ini menunjukkan bahwa pemerintah tepat untuk menempatkan kepentingan kerjasama
ekonomi dengan negara ekonomi berkembang.”Produksi minyakData pusat statistik
Brasil Instituto Brasileiro de Geografia de Estatistica menyebut, di kuartal ke
empat tahun lalu, ekonomi Brasil tumbuh 0,3% dari kuartal sebelumnya.Will
Landers, dari BlackRock Latin American Fund mengatakan ”Banyak dan makin banyak
orang yang berinvestasi di Brasil”.Baik angka tahunan maupun kuartal yang
keluar ini sebenarnya dibawah perkiraan pengamat.Presiden Brasil Dilma Rousseff
mengatakan penurunan pertumbuhan tahun lalu lebih disebabkan oleh pelemahan
situasi ekonomi global dan kebutuhan untuk melawan peningkatan inflasi.
Brasil,
negara ekonomi terbesar Amerika Latin dan salah satu dari negara Bric bersama
Rusia, India dan Cina dipandang sebagai negara dengan ekonomi yang melonjak
dalam beberapa tahun terakhir, dengan pertumbuhan yang jauh lebih cepat dari AS
dan negara Eropa barat, tetapi dengan angka inflasi yang tinggi.Saat ini AS
masih menempati peringkat pertama negara ekonomi terbesar dunia diikuti Cina,
Jepang, Jerman dan Prancis.Dengan cadangan minyak dan gas yang terus ditemukan
di lepas pantai Brasil dalam beberapa tahun terakhir, negara ini kini menjadi
negara penghasil minyak terbesar ke sembilan dunia, dan pemerintah berharap
bisa masuk ke jajaran lima besar.Brasil memiliki populasi 190 juta jiwa dan
akan menggelar Piala Dunia 2014 dan Rio de Janeiro akan menjadi tuan rumah
Olimpiade 2016.
Negara -
Negara TIMUR TENGAH
QATAR
Negara Arab
ini berhasil mencapai pendapatan per kapita USD88.222 atau sekira Rp805,9 juta
per tahun dengan populasi penduduk sebanyak 1,8 juta jiwa.Negara Qatar adalah
sebuah emirat di Timur Tengah yang terletak di sebuah semenanjung kecil di
Jazirah Arab. Batasnya di selatan adalah Arab Saudi dan sisanya dibatasi Teluk
Persia.
Awalnya,
ekonomi Qatar difokuskan pada perikanan dan mutiara namun industri mutiara
jatuh setelah munculnya mutiara yang dibudidayakan dari Jepang pada tahun
1920-an dan 1930-an. Transformasi ekonomi terjadi pada tahun 1940-an, yaitu
pada masa penemuan simpanan minyak bumi. Sekarang, pemasukan utama Qatar adalah
dari ekspor minyak dan gas bumi. Simpanan minyak negara ini diperkirakan
sebesar 15 miliar barel (2,4 km³).Untuk beberapa tahun ke depan, Qatar
diperkirakan akan tetap fokus pada minyak dan gas bumi, namun sudah mulai
mengembangkan sektor swasta. Pada 2004, Qatar Science & Technology Park
dibuka untuk menarik dan melayani berbagai usaha berbasis teknologi, baik dari
dalam maupun luar Qatar.
Dengan PDB
per kapita nomor 2 tertinggi di dunia dengan perkiraan tahun 2008 sekitar
$111.000[1]yang menjadikannya sebagai negara dengan taraf hidup penduduknya
bisa disamakan bahkan lebih maju dibandingkan negara-negara Eropa Barat dengan
berbagai layanan sosial dan fasilitas modern.Dataran Qatar hanya sebesar 160 km
dan lebih kecil dari negara bagian Connecticut di Amerika Serikat. Dataran
Qatar terdiri dari gurun pasir. Tempat tertinggi di Qatar adalah di Jabal
Dukhan. Area ini mengandung jumlah gas alam yang sangat besar.
Berikut ini
adalah grafik Necara Perdagangan Qatar dari tahun 2010-2014
ARAB SAUDI
Arab
Saudi memiliki pendapatan per kapita $ 20.700 dan itu merupakan salah satu
pertumbuhan ekonomi tercepat di dunia. Ekonomi Arab Saudi s
didasarkan pada Minyak, seperti 24 persen dari minyak dunia itu, setara dengan
260 miliar barel, yang ditemukan di sini. 45 persen dari Arab Saudi
s Produk Domestik Bruto dan 90 persen dari pendapatan ekspor berasal
dari industri minyak. 40 persen dari PDB berasal dari sektor swasta, dimana
pemerintah Arab mencoba untuk mengembangkan privatisasi industri seperti
telekomunikasi atau kekuasaan.
Karena harga
minyak tumbuh marah dalam beberapa tahun terakhir, Arab Saudi memperoleh
surplus anggaran sebesar $ 28 miliar. Ini memiliki pasar saham terbesar
di Timur Tengah dengan kapitalisasi pasar yang naik 110 persen ($
157.300.000.000) pada tahun 2007.
Para Arab
Saudi Umum Investment Authoritytelah didirikan pada bulan April 2000 dalam
rangka untuk mempromosikan investasi asing di Arab Saudi.
Pemerintahnya membuka beberapa sektor yang tertutup seperti distribusi
asuransi, telekomunikasi dan listrik. Pada bulan Desember 2005, setelah
bertahun-tahun negosiasi, Arab Saudi bergabung dengan WTO (Organisasi
Perdagangan Dunia) dalam rangka diversifikasi ekonomi dan menarik investasi
asing. Negosiasi ditangani dengan cara di mana Arab Saudi bersedia untuk
mengubah sejauh akses pasar untuk jasa asing dan barang yang bersangkutan.
Pemerintah
berusaha untuk mengubah minyak berbasis ekonomi ke dalam sebuah negara industri
melalui lima tahun rencana pembangunan. Dua pertama dari rencana ini menekankan
infrastruktur di tahun 1970-an. Akibatnya, pembangkit listrik meningkat,
panjang jalan raya beraspal tiga kali lipat dan tumbuh dalam kapasitas
pelabuhan. Rencana ketiga, dari 1980 sampai 1986, penekanan adalah pada
pelayanan sosial, pendidikan dan kesehatan; rencana keempat (1985-1990)
mendorong investasi asing dan perusahaan swasta; yang kelima (1990-1995)
layanan pemerintah meningkatkan sosial dan pembangunan daerah; yang Rencana
keenam (1996-2000) yang bertujuan untuk menurunkan biaya layanan pemerintah dan
memperluas program pelatihan pendidikan. Rencana terakhir (2000-2004) mencari
variasi ekonomi.
Berikut ini
adalah grafik Necara Perdagangan Arab Saudi dari tahun 2010-2014
Negara –
Negara UNI SOVIET
Uzbekistan
Ekonomi :
Uzbekistan mempunyai sumber alam yang kaya raya, industri soko guru ekonomi
nasional adalah emas, emas putih, yaitu kapas, emas hitam, yaitu minyak bumi,
dan emas biru, yaitu gas alam. Akan tetapi, ekonominya mono struktur, dan
industri pengolahan agak keterbelakang. Sektor-sektor pertanian, peternakan dan
pertambangan sangat maju. Sumber daya pertambangan sangat kaya raya.
Beserta
banyak Commonwealth dari ekonomi Independent States, ekonomi Uzbekistan sudah
baru-baru ini menggeser/bergeser ke dalam persneling tiga, merekam 9,1%
pertumbuhan di dalam kwartal pertama dari 2007, beserta suatu tingkat inflasi
yang rendah 2,9%. Bagaimanapun, Craig Murray, pengarang dari “Bunuh di
Samarkand”, nyatakan bahwa statistik resmi tentang Uzbekistan bukanlah
terpercaya.
Uzbekistan
mempunyai suatu GNI yang sangat rendah per kapita (US$460 yang memberi suatu
padanan PPP dari US$1860).Produksi ekonomi dipusatkan di dalam uang: Uzbekistan
kini produsen dunia yang paling besar keempat itu dan eksportir detik/second
paling besar dari dunia itu kapas, seperti juga produsen dunia paling besar
ketujuh dari emas. Ini juga suatu produsen penting dari secara regional
gas-alam, batubara, tembaga, minyak, perak, dan uranium. Pertanian menyokong
tentang 37% dari GDP selagi memanfaatkan 44% dari angkatan kerja. Pengangguran
dan underemployment diperkirakan menjadi sedikitnya 20%.
Tashkent,
ibukota dari Uzbekistan, menghadapi banyak tantangan-tantangan yang ekonomi
atas memperoleh kemerdekaan, pemerintah mengadopsi satu strategi perubahan yang
evolusiner, dengan satu penekanan di kendali status(negara, pengurangan
impor-impor, dan mencukupi keperluan sendiri di dalam energi. Pada tahun 1994,
status(negara mengawasi media sudah berulang-kali yang diproklamirkan sukses
dari . ini “Uzbekistan Economic Model” dan mengusulkan bahwa suatu contoh yang
unik suatu transisi yang lembut kepada ekonomi pasar selagi menghindari
goncangan, hal jatuh miskin, dan stagnasi. Gradualist ubah strategi sudah
melibatkan menunda perubahan-perubahan struktural dan macroeconomic penting.
Status(negara dalam kekuasaan birokrasi sudah tinggal suatu pengaruh yang
dominan di dalam ekonomi.
Kebusukan
menyebar keseluruh bagian masyarakat: 2005 indeks Uzbekistan persepsi kebusukan
adalah 137 dari 159 negara-negara. Pebruari 2006 melaporkan tentang negeri oleh
International Crisis Group menggambarkan satu aspek dari kebusukan
ini:
Banyak dari
pertumbuhan GDP Uzbekistan datang dari harga yang baik; mendukung
untuk barang ekspor kunci tertentu, terutama kapas, emas, jagung,
dan terus meningkat gas, hanya pendapatan dari uang ini dibagi-bagikan antar
suatu lingkaran yang sangat kecil dari pilihan yang penguasa, dengan yang kecil
atau tidak ada manfaat untuk massa sebebasnya. Pada kapas memanen waktu, semua
siswa dikerahkan sebagai tenaga kerja yang tak dibayar
Menurut
Economist Intelligence Unit, “pemerintah itu adalah bermusuhan ke membiarkan
pengembangan dari suatu sektor swasta yang mandiri, di mana itu tidak akan
memiliki kendali”. Jadi; Dengan demikian, bourgeoisie yang nasional secara
umum, dan kelas menengah khususnya, bersifat marginalized secara ekonomis, dan,
sebagai konsekwensi, secara politis. Kebijakan-kebijakan yang ekonomi sudah
mengusir investasi asing, yang adalah yang paling rendah per kapita di dalam
CIS. Bertahun-tahun, penghalang yang paling besar kepada perusahaan yang asing
yang memasuki pasar Uzbekistani mempunyai kesukaran tentang mengubah mata uang.
Dalam 2003, pemerintah menerima kewajiban-kewajiban Article VIII di bawah Dana
Moneter Internasional, memperlengkapi konvertibilitas mata uang
penuh. Bagaimanapun, pengendalian valuta tegas dan mengencangkan perbatasan-perbatasan
sudah mengurangi pengaruh dari ukuran ini.
Inflasi,
meski lebih rendah dari di dalam mid-1990s, ketinggian yang tinggal sampai 2003
(satu 50% yang diperkirakan dalam 2002 dan 219% dalam 2003( 50% yang
diperkirakan dalam 2002 dan 21,9% dalam 2003). kebijakan-kebijakan ekonomi
ketat dalam 2004 yang diakibatkan suatu pengurangan yang drastis inflasi,
ke(pada 3,8% (meski alternatif menaksir yang didasarkan pada harga suatu
keranjang belanja yang benar, menuliskannya pada 15%). Bagaimanapun, pembebasan?lukisan
timbul muncul untuk menjadi penumpang sementara, seperti(ketika perkiraan IMF
dari inflasi CPI-based di Uzbekistan dalam 2005 adalah 141%.
Pemerintah
dari Uzbekistan membatasi impor-impor asing di dalam banyak jalan?cara,
termasuk bea impor tinggi. Pajak bea; cukai diterapkan di suatu cara sangat
bersifat membedakan untuk melindungi di tempat itu dihasilkan barang-barang.
Tarif-tarif resmi dikombinasikan dengan tuntutan tidak resmi, bersifat
membedakan menghasilkan tuntutan total berjumlah sebanyak seperti 100
ke(pada 150% dari nilai aktual dari produk, pembuatan produk-produk yang
diimport hampir tidak dapat menghasilkan. Penggantian impor adalah satu
kebijakan secara resmi menyatakan; mengumumkan dan pemerintah dengan bangga
melaporkan suatu pengurangan oleh suatu faktor dari dua di dalam volume dari
barang konsumsi yang di import. Sejumlah negara-negara CIS secara resmi
mengecualikan Uzbekistan bea impor.
Republican
Stock Exchange ( RSE) ‘Tashkent’ yang dibuka dalam 1994. Itu rumah suatu pertukaran
surat-surat berharga, pedagang-pedagang milik tetap, dana investasi yang
nasional dan tempat menyimpan surat-surat berharga yang nasional. Itu tidak
berdagang semua perusahaan bursa/stock yang hubungkan masing-masing bulan dan
oleh karena itu menjual capitalisasi bervariasi secara luas.
posisi
Uzbekistan yang eksternal mempunyai kuat sejak 2003. Terima kasih pada sebagian
kepada kesembuhan dari harga pasar dunia dari emas dan kapas, kunci negeri itu
mengekspor uang, gas-alam yang diperluas dan beberapa barang ekspor pabrikasi,
dan meningkatkan orang pindah tenaga kerja memindahkan rekening/giro berubah
menjadi suatu surplus yang besar -dari antara 9 dan 11 per sen dari GDP dalam
2003-05 -dan cadangan devisa, termasuk emas, lebih dari (sekedar) yang digandakan
ke di sekitar US$3 milyar.
Berikut ini
adalah grafik Necara Perdagangan Uzbekistan dari tahun 2009-2012
Tidak ada komentar:
Posting Komentar